Tautan-tautan Akses

Alan Greenspan Kritik Kebijakan Ekonomi Presiden Bush


Alan Greenspan, yang lama memimpin Bank Sentral Amerika, telah mengritik kebijakan ekonomi Presiden Bush dan Kongres yang didominasi fraksi Republik. Kritikan itu dimuat dalam bukunya (The Age of turbulence : Adventures in a New World) yang mulai dijual hari Senin.

Di buku itu Greenspan menuturkan kehidupannya serta 18 tahun sebagai pemimpin Bank Sentral dan mengritik Presiden Bush karena tidak memveto dua kenaikan besar dalam anggaran pengeluaran yang disetujui Kongres yang didominasi fraksi Republik. Kenaikan itu, katanya, akhirnya membengkakkan defisit pemerintah. Ia mengatakan, Partai Republik meninggalkan nilai-nilainya dalam disiplin fiskal dan anggaran belanja pemerintahan yang kecil.

Ia menuduh Partai Republik menukar prinsip dengan kekuasaan politik. Ekonom yang berumur 81 tahun itu juga menjelaskan kalimat dalam bukunya itu yang berbunyi : perang Irak sebagian besar adalah karena minyak.

Menurutnya, ia tidak mengatakan bahwa motif pemerintahan Bush melancarkan perang itu bukanlah untuk menguasai persediaan minyak dunia, tetapi menyingkirkan Saddam Hussein membuat persediaan minyak lebih aman.

XS
SM
MD
LG