Tautan-tautan Akses

Arbour: Kredibilitas Dewan HAM PBB Tergantung pada Laporan HAM


Pejabat tertinggi urusan HAM PBB mengatakan ia sedih dengan penindasan terhadap aksi protes damai di Birma. Komisaris Tinggi HAM Louise Arbour mengatakan dalam pertemuan Dewan HAM PBB di Jenewa hari ini, bahwa ia telah mendesak para pejabat Birma agar membebaskan para tahanan dan tawanan politik dan agar menghormati hak asasi manusia.

Dalam pertemuan itu, Arbour juga mengatakan para anggota Dewan HAM PBB harus segera mengambil langkah untuk memungkinkan dilakukannya peninjauan kembali catatan HAM semua negara.

Dewan yang beranggotakan 47 negara itu sepakat tahun lalu untuk melakukan peninjauan secara reguler catatan HAM baik negara anggota maupun bukan. Tetapi mereka belum sepakat mengenai kapan hal itu akan mulai dilakukan.

Arbour mendesak anggota-anggota dewan agar bekerja lebih keras untuk membawa para pelanggar HAM yang mencolok mata diseret ke pengadilan. Ia mengatakan di Republik Demokrasi Kongo, misalnya, tidak seorang pun pelanggar HAM serius yang dilakukan tahun ini ditahan, apalagi di bawa ke pengadilan.

XS
SM
MD
LG