Tautan-tautan Akses

Israel Lakukan Serangan Udara di Wilayah Suriah Minggu Lalu


Pejabat Amerika mengatakan Israel melakukan serangan udara di Suriah minggu lalu. Kantor-kantor berita mengutip pejabat Amerika yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan serangan itu berlangsung jauh di dalam wilayah Suriah, tetapi mereka tidak tahu apa sasarannya.

Kamis, militer Suriah mengatakan pertahanan udaranya menembak ke arah pesawat Israel yang melanggar wilayah udara Suriah. Seorang jurubicara Suriah mengatakan pesawat Israel menjatuhkan bom di sebuah daerah terpencil tanpa menyebabkan jatuh korban atau kerusakan sebelum kembali ke Israel. Pihak militer Israel menolak memberikan komentar.

Jurubicara Suriah memperingatkan Israel agar tidak melakukan apa yang disebutnya “tindak agresi semena-mena.” Pembicaraan perdamaian antara Suriah dan Israel telah dibekukan sejak tahun 2000.

Sementara itu, pemerintah Israel sedang mempertimbangkan tanggapan terhadap sebuah serangan roket oleh Palestina yang melukai 40 tentara Israel di sebuah pangkalan dekat Jalur Gaza. Olmert bertemu dengan perwira teras militer dan pejabat keamanan Selasa guna membahas serangan dini hari itu.

Roket ini menghantam sebuah kemah di pangkalan Zikim dimana tentara Israel yang baru direkrut sedang tidur. Beberapa tentara luka parah. Menteri Keamanan Umum Israel Avi Dichter adalah satu dari beberapa anggota kabinet yang menyerukan pembalasan militer yang keras.

Dua kelompok militan Palestina Islamic Jihad dan Komite Perlawanan Populer menyatakan bertanggung jawab, dan katanya serangan roket itu merupakan perlawanan yang sah terhadap Israel. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Sean McCormack mendesak Israel agar mempertimbangkan konsekuensi dari tindakannya, selagi menggunakan haknya untuk mempertahankan diri.

XS
SM
MD
LG