Tautan-tautan Akses

Petraeus dan Crocker Memberi Keterangan kepada Sidang Gabungan Dua Komite Dewan Perwakilan


Panglima pasukan Amerika di Irak, Jenderal David Petraeus dan Duta Besar Amerika Ryan Crocker hari Senin memberi keterangan kepada sidang gabungan dua komite Dewan Perwakilan tentang hasil-hasil yang dicapai dari peningkatan kekuatan militer Amerika di Irak selama delapan bulan terakhir. Beberapa sumber menyatakan, kedua petinggi akan mengemukakan bahwa peningkatkan jumlah pasukan memang membantu meningkatkan keamanan di Irak.

Suratkabar New York Times mengutip seorang pejabat tinggi selaku mengatakan bahwa Petraeus akan meminta agar tiap keputusan tentang mengurangi jumlah pasukan ke tingkat sebelum penambahan kekuatan tadi diundurkan selama enam bulan. Petraeus dan Crocker juga diperkirakan akan mengatakan kekecewaan mereka dengan lambatnya kemajuan yang dicapai pemerintah Irak dalam membangun kerukunan nasional. Presiden Bush tadinya mengatakan penambahan kekuatan akan membuka jalan bagi Irak untuk mencapai kerukunan nasional.

Delapan bulan setelah Presiden Bush mengumumkan rencananya mengirim tambahan pasukan ke Iraq, jenderal tertinggi Amerika di negara itu akan melaporkan kepada Kongres apakah rencana itu berhasil.

Jenderal David Petraeus dan Dutabesar Amerika untuk Iraq Ryan Crocker akan memberi kesaksian mengenai dampak penambahan pasukan oleh Presiden Bush itu di dalam sidang gabungan dua komisi penting Dewan Perwakilan Rakyat.

Berbagai sumber mengatakan, keduanya akan memberitahu Kongres bahwa penambahan itu telah membantu meningkatkan keamanan Iraq. Mereka akan menganjurkan para anggota parlemen yang skeptis untuk menentang pengurangan pasukan untuk sekarang ini.

Namun, mereka juga diperkirakan akan menyatakan kekecewaan atas lambatnya pemerintah Iraq mewujudkan rekonsiliasi nasional.

Kesaksian mereka hari ini dalam sidang gabungan Komisi Angkatan Bersenjata dan Komisi Luar Negeri DPR itu akan dilanjutkan dengan kesaksian di depan satu Komisi Senat.

Bush akan mengucapkan pidato kepada rakyat Amerika pekan ini mengenai rencananya bagi Iraq.

XS
SM
MD
LG