Tautan-tautan Akses

Christopher Hill Undang Ahli AS, Cina dan Rusia Kunjungi Korea Utara


Utusan tertinggi Amerika mengenai masalah nuklir mengatakan, Pyongyang telah mengundang para ahli dari Amerika, Cina dan Rusia untuk mengunjungi Korea Utara pekan depan guna melakukan survey atas fasilitas nuklir yang akan dilumpuhkan.

Berbicara di Sydney Jumat ini, menjelang KTT para pemimpin APEC, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Christother Hill mengatakan, undangan itu merupakan langkah penting lagi menuju terwujudnya jazirah Korea yang bebas nuklir.

Sebelumnya Bush memberikan komentar itu setelah pembicaraan dengan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun. Fokus pembicaraan mereka adalah Korea Utara, yang Februari lalu setuju untuk mengakhiri program nuklirnya sebagai imbalan atas konsesi politik dan bantuan bahan bakar.

Presiden Bush mengatakan, perjanjian perdamaian resmi yang mengakhiri Perang Korea 1950-1953 dapat dicapai hanya sesudah Korea Utara mengakhiri program senjata nuklirnya yang dapat diferifikasi.

Juga Jumat ini, Bush bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, membahas berbagai issu, termasuk rencana Amerika untuk menempatkan perisai pertahanan di Eropa Tengah.

Bush juga menyatakan, Amerika dan negara-negara lain harus mendorong keterbukaan politik yang lebih luas di Cina. Bush mengutuk Birma atas tindakan kerasnya terhadap para aktivis pro-demokrasi, dan menyerukan diadakannya pemilihan secara bebas di Thailand. //////

XS
SM
MD
LG