Tautan-tautan Akses

Diperlukan 12-18 Bulan Bagi Irak Mengambil Alih Keamanan Negara


Sebuah panel ahli independen melaporkan kepada Kongres Amerika, akan diperlukan 12 sampai 18 bulan sebelum militer Iraq siap mengambilalih tanggungjawab keamanan negara mereka.

Jenderal purnawirawan marinir James Jones yang mengetuai panel itu mengatakan kepada Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika hari ini, tentara Iraq tidak bisa ber-operasi independen karena kekurangan logistik, pasokan, mobilitas dan tidak adanya komando dan kontrol nasional yang efektif.

Dia selanjutnya mengatakan, tentara Iraq tidak bisa bertahan terhadap ancaman dari luar, teristimewa di sepanjang perbatasan Syria dan Iran. Tetapi katanya kemampuan mereka membaik dari hari ke hari dalam hal menanggulangi keamanan dalam negeri.

Dia katakan pasukan khusus masih belummemiliki mobilitas dan sistem pendukung. Jones mengatakan panel itu menganjurkan pembubaran dan perombakan organisasi kepolisian nasional. Katanya sebagian besar angkatan kepolisian itu yang umumnya Syiah dinilai terlalu sektarian, terlalu keras, tidak dipercaya oleh mereka yang dari etnik lain, dan dituduh sangat korup.

XS
SM
MD
LG