Tautan-tautan Akses

Utusan AS dan Korea Utara Adakan Pembicaraan di Jenewa


Para utusan Amerika dan Korea Utara telah membuka pembicaraan di Jenewa Sabtu ini mengenai normalisasi hubungan, dan mungkin akan mengeluarkan negara yang mengucilkan diri itu dari daftar Washington yang memuat negara-negara yang mensponsor terorisme.

Pertemuan dua hari di Swiss itu merupakan bagian dari sidang-sidang kelompok kerja yang sangat sibuk yang diadakan dalam menghasilskan persetujuan perlucutan senjata 6 negara Februari lalu. Menurut persetujuan itu, Korea Utara sepakat untuk mengakhiri program nuklirnya sebagai imbalan atas konsesi politik dan bantuan bahan bakar.

Setibanya di Jenewa Jumat kemarin, Utusan tertinggi nuklir Amerika, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika, Christopher Hill menyatakan optimistis bahwa pembicaraan dua hari dengan Korea Utara akan membantu menyelesaikan hambatan yang menghalangi diakhirinya program nuklir Pyongyang.

Hill berharap Korea Utara akan mengungkapkan dan melumpuhkan semua fasilitasnya nuklirnya sebelum akhir tahun ini, kemudian memulai tahap terakhir dalam tahun 2008 – untuk menghancurkan semua senjata nuklirnya.

XS
SM
MD
LG