Tautan-tautan Akses

AS Kutuk Penangkapan Para Pembangkang Politik di Birma


Amerika Serikat telah mengutuk penangkapan terhadap para pembangkang politik oleh pemerintah militer Birma, sesudah terjadi serentetan protes anti pemerintah di sana.

Presiden Bush dalam pernyataannya Kamis kemarin mengatakan, bahwa dia mengutuk keras apa yang disebutnya – tindakan terus menerus pemerintah Birma menangkap, mengganggu dan menindak keras para aktivis pro demokrasi.. Dia menyerukan kepada Birma agar segera membebaskan para aktivis itu.

Dept. Luar Negeri Amerika juga mengecam pemerintah Birma atas reaksinya yang keras terhadap demonstrasi tanpa kekerasan terhadap kenaikan tajam harga bahan baker. Jurubicara Dept. LN Amerika Tom Casey mengatakan, Birma menggunakan protes itu sebgai landasan untuk menghadapi gerakan pembangkangan di negara itu.

Tom Casey mengatakan, Washington akan terus berusaha dengan PBB untuk membebaskan para tahanan politik tersebut, termasuk pemimpin gerakan demokrasi Aung San Suu Kyi.

Sebelumnya, Kamis kemarin, para aktivis yang ditahan diberitakan telah mulai melakukan aksi mogok makan, sementara pihak penguasa meningkatkan usaha untuk mencari para aktivis lain yang terlibat dalam protest itu.

XS
SM
MD
LG