Tautan-tautan Akses

Konvoi Militer Pakistan Hilang Dekat Perbatasan Afghanistan


Sebuah konvoi militer Pakistan yang mengangkut puluhan tentara telah lenyap di wilayah kesukuan baratlaut dekat perbatasan dengan Afganistan. Para pejabat keamanan Pakistan mengatakan mereka khawatir para prajurit itu telah diculik oleh kaum militan pro-Taliban.

Menurut laporan jumlah yang hilang itu antara 25 dan 100. Mereka terakhir terlihat dalam perjalanan dengan sejumlah truk antara kota Wana dan Ladha di Waziristan Selatan.

Kawasan itu dikenal sebagai wilayah basis Taliban dan kaum militan al-Qaida yang telah melancarkan serangan-serangan terhadap pasukan keamanan Pakistan dalam beberapa pekan terakhir. Pemberontak menculik 16 tentara Pakistan dua pekan lalu, dan kemudian membunuh seorang diantara mereka.

Sementara itu, mantan perdana menteri Nawaz Sharif yang hidup di pengucilan mengatakan dia akan kembali ke Pakistan tanggal 10 September untuk menantang Presiden Pervez Musharraf yang berusaha dipilih kembali. Dalam konferensi pers hari ini di London, Sharif mengatakan “seragam Musharraf bukanlah isu”.

Menanggapi desas-desus presiden Pakistan itu mungkin akan melepaskan jabatannya sebagai pimpinan militer, Sharif mengatakan isu sebenarnya adalah apa yang dia sebut “pemerintahan tidak sah” Jenderal Musharraf. Pernyataan itu menyusul pernyataan mantan perdana menteri lainnya yang juga hidup di pengucilan, Benazir Bhutto bahwa Jenderal Musharraf telah setuju mundur dari jabatan panglima angkatan bersenjata sebagai bagian dari usul pembagian kekuasaan.

Sebelumnya hari ini, seorang jurubicara Jenderal Musharraf mengatakan presiden Pakistan itu menolak tekanan apapun untuk mundur dari jabatan pimpinan militer. Sharif hari ini mengatakan tidak perlu membuat kesepakatan dengan Jenderal Musharraf.

XS
SM
MD
LG