Tautan-tautan Akses

Polisi Birma Bagi-Bagikan Nama dan Foto Aktifis yang Dicari


Pihak berwenang Birma membagi-bagikan nama dan foto para aktifis yang dicari polisi karena berpartisipasi dalam serangkaian protes anti pemerintah yang jarang terjadi. Pemerintah militer telah memerintahkan pejabat lokal dan masyarakat agar mencari para aktifis itu. Banyak para pengunjuk rasa itu telah bersembunyi.

Partai oposisi, Liga Nasional untuk Demokrasi menyatakan pihak berwenang menahan 100 orang lebih minggu lalu setelah serangkaian demonstrasi menentang kenaikan harga bahan bakar yang sangat tinggi.

Sebagian besar protes mengambil tempat di Rangoon, tapi kerusuhan menyebar ke wilayah lain negara itu, menggambarkan luasnya rasa frustrasi karena kenaikan di negara miskin itu. Polisi berpakaian biasa dan kelompok pro-militer telah mematroli kota-kota untuk mencegah protes lebih lanjut.

Sementara itu, para aktivis yang ditahan di Birma dilaporkan telah memulai mogok makan, saat pihak berwenang meningkatkan upaya mencari para aktivis lain yang terlibat dalam aksi protes anti-pemerintah belum lama ini. Pernyataan mereka belum dapat dikukuhkan dari pihak ketiga. Dikatakan, para pemogok makan itu menuntut pihak berwenang memberikan perawatan medis bagi seorang rekan mereka yang luka-luka.

XS
SM
MD
LG