Tautan-tautan Akses

Iran Protes Penahanan Delapan Warganya di Irak oleh Militer AS


Iran memptotes penahanan delapan orang Iran oleh militer Amerika di Irak setelah mereka diketahui membawa senjata tanpa izin di kendaraan mereka.

Iran mengajukan keluhan itu ke Kedutaan Swiss di Teheran, yang mewakili kepentingan Amerika. Amerika Serikat dan Iran tidak memiliki hubungan diplomatik.

Militer mengatakan ke-8 warga Iran itu, termasuk dua dengan paspor diplomatik, ditahan sebentar untuk ditanyai dan diserahkan kepada pejabat Irak pagi ini.

Militer mengatakan empat kendaraan yang membawa orang-orang Iran dan tujuh orang Irak itu dihentikan di sebuah pos pemeriksaan di Baghdad, dan sebuah senapan dan dua pistol disita dari orang-orang Irak.

Militer kemudian mengikuti para pria itu ke hotel, dimana tentara juga menyita sebuah komputer laptop, telepon seluler dan sebuah tas kantor penuh berisi uang Iran dan uang Amerika.

Ditetapkan kemudian bahwa orang-orang Irak yang bertugas sebagai pengawal keamanan bagi orang-orang Iran itu memiliki surat-surat yang sah tetapi tidak memiliki izin untuk membawa senjata.

XS
SM
MD
LG