Tautan-tautan Akses

Bush Puji Kesepakatan Baru Antara Para Pemimpin Senior Irak


Presiden Bush memuji kesepakatan baru antara para pemimpin senior Irak menuju persatuan nasional. Namun, katanya, masih banyak yang perlu dilakukan. Presiden Bush mengatakan hari Senin bahwa ia telah menelefon para pemimpin senior Irak itu mengucapkan selamat atas kesepakatan itu yang disebutnya satu langkah penting menuju kerukunan nasional.

Namun, kata Bush, ia juga mengingatkan mereka bahwa masih banyak yang perlu dilakukan. Para pemuka pemerintahan dari Syi’ah yang mayoritaa dan Suni yang minoritas mengumumkan kesepakatan itu Minggu malam. Isinya antara lain melonggarkan peluang bagi bekas anggota Partai Baath Saddam Hussein duduk dalam kementerian. Namun sebagian pemuka politik Suni mengatakan kesepakatan itu belum cukup jauh. Kesepakatan itu masih harus diratifikasi oleh Parlemen seusai liburnya awal bulan depan.

Sementara, selagi Muslim Syi’ah peziarah mengalir ke kota suci Karbala hari Senin kekerasan pun pecah di sana. Mereka datang ke sana untuk merayakan hari lahir Mohammed al-Mahdi, Imam ke-12 dan terakhir Syi’ah. Perayaan diduga akan dihadiri lebih dari satu juta orang. Menurut saksi mata kekerasan terjadi tatkala peziarah yang marah dengan tindakan pengamanan yang ketat bentrok dengan polisi sehingga menyebabkan sedikitnya seorang tewas.

Di Baghdad, kawanan bersenjata menembaki mati seorang peziarah yang hendak menuju Karbala. Dalam pada itu – polisi di Falujah mengatakan pengebom bunuh diri menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai 10 dalam serangan di sebuah masjid tatkala di situ berlangsung sembahyang Isya.

Di lain bagian – politisi Suni tetap tidak mau mengakhiri boikot mereka terhadap pemerintah koalisi meskipun ada kesepakatan antara Syi’ah dan Suni untuk menyelesaikan semua isu yang dipertikaikan guna menunjang kerukunan nasional.

XS
SM
MD
LG