Tautan-tautan Akses

Mahkamah Agung Bangladesh Tolak Uang Jaminan Pembebasan Sheikh Hasina


Mahkamah Agung Bangladesh telah menolak uang jaminan bagi mantan perdana menteri Sheikh Hasina Wajed yang ditangkap dalam rangka operasi darurat penumpasan korupsi yang dilancarkan pemerintah.

Penolakan itu diumumkan hari Senin dan sekaligus membatalkan putusan Mahkamah Tinggi bulan lalu yang memerintahkan ia dibebaskan. Sheikh Hasina ditangkap bulan Juli atas tuduhan memeras ratusan ribu dolar dari seorang pengusaha yang membangun stasiun pembangkit listrik di negeri itu.

Secara terpisah pada hari sama, pejabat-pejabat Mahkamah mengatakan mantan menteri komunikasi, Nazmul Huda telah dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara karena korupsi. Ia dipersalahkan menerima uang suap sekitar 340 ribu dolar dari sebuah perusahaan konstruksi. Isterinya Sigma juga dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada hari sama karena membantu suaminya menerima uang haram itu.

Sementara itu, pemerintah Bangladesh telah mencabut peraturan jam malam yang berlaku di Dhaka dan lima kota lain menyusul protes rusuh mahasiswa pekan lalu. Pemerintah yang didukung militer memberlakukan peraturan itu sejak Rabu lalu menyusul baku-hantam antara polisi dan mahasiswa yang menuntut pemerintahan darurat diakhiri. Kekerasan itu menyebabkan seorang tewas dan sedikitnya 150 luka-luka.

Tentara telah ditempatkan di Universitas Dhaka sejak Yanuari ketika pemerintah membatalkan pemilihan umum karena meletus aksi protes disertai kekerasan menuduh ada kecurangan dalam pemungutan suara. Pemerintah sementara lalu memberlakukan keadaan darurat dan melarang semua kegiatan politik dan demonstrasi.

XS
SM
MD
LG