Tautan-tautan Akses

Topan Dean Menghantam Belize dan Pantai Meksiko di Karibia


Badai Dean terus melemah sementara bergerak melintasi semenanjung Yucatan di Meksiko Selasa.

Badai itu yang kini digolongkan sebagai badai kategori dua, masih terus menghantam Meksiko dengan angin berkecepatan 165 kilometer per jam disertai hujan lebat.

Dean mencapai daratan Meksiko dan Belize Selasa dan merupakan badai Atlantik terkuat sejak 1988. Angin mencapai kecepatan hampir 260 kilometer per jam sementara badai kategori lima ini bergerak didarat.

Pusat Badai Nasional Amerika mengatakan badai ini arahnya menuju Teluk Meksiko, di Campeche, dan akan sampai disana Selasa siang dimana diramalkan kekuatannya akan meningkat lagi.

Badai ini melewati selatan dari tempat peristirahatan Meksiko Cancun dan Cozumel, sehingga kedua tempat ini selamat dari akibat terburuk angin dan gelombang.

Kemarin, Meksiko menutup sarana minyaknya di lepas pantai dan mengevakuasi ribuan wisatawan dari daerah itu. Para peramal cuaca mengatakan, kemungkinan besar Cancun tidak akan terkena dampak topan Dean secara langsung, tetapi para wisatawan memenuhi bandar udara Cancun berusaha pergi sebelum angin topan Dean mendarat.

XS
SM
MD
LG