Tautan-tautan Akses

Carl Levin: Parlemen Irak Harus Memecat Perdana Menteri Nouri al-Maliki


Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat Amerika menyebut pemerintah Irak “tidak berfungsi,” dan mengatakan parlemen Irak harus memecat Perdana Menteri Nouri al-Maliki, jika dia tidak mampu melakukan kompromi politik dengan faksi-faksi saingan.

Senator dari Partai Demokrat Carl Levin mengatakan demikian Senin petang, setelah melakukan kunjungan dua hari ke Irak dengan Senator dari Partai Republik John Warner.

Senator Warner tidak secara tegas menyerukan pemecatan pemerintahan Maliki.

Tetapi dalam pernyataan bersama, kedua Senator itu mengatakan bahwa, sementara peningkatan jumlah tentara Amerika di Irak berhasil memperbaiki keamanan negara itu, pemerintah Irak telah gagal memanfaatkan keadaan tersebut untuk melakukan kompromi yang diperlukan guna menciptakan perdamaian di negara itu. Kedua Senator itu menambahkan “kami tidak merasa optimis mengenai kemungkinan dilakukannya kompromi tersebut.”

Menanggapi pernyataan Levin, jurubicara Gedung Putih mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir para pemimpin Irak telah mengadakan pembicaraan mengenai cara-cara untuk membentuk pemerintah persatuan.

XS
SM
MD
LG