Tautan-tautan Akses

Hasil Akhir Referendum Thailand: 58 Persen Dukung Rancangan Konstitusi Baru


Hasil akhir referendum mengenai rancangan konstitusi Thailand menunjukkan bahwa hampir 58 persen pemilih menyetujuinya, tetapi jumlah pemilih yang memberikan suara di bawah harapan semula. Komisi Pemilu Thailand mengatakan, sedikit di atas separuh pemilih memberikan suara dalam referendum hari ini.

Pemerintah dukungan militer telah berkampanye bagi disetujuinya konstitusi baru, dan berharap bahwa besarnya jumlah pemilih yang memberikan suara akan memberikan legitimasi bagi kepemimpinan militer.

Lebih dari 42 persen pemilih menolak konstitusi yang akan menggantikan konstitusi yang dicabut tentara setelah menyingkirkan PM Thaksin Sinawatra September lalu.

Para analis politik mengatakan, hasil referendum menunjukkan bahwa rakyat Thailand masih berbeda pendapat mengenai para pemimpin militer dan penyingkiran PM Sinawatra yang terpilih secara demokratis.

Para pengecam mengatakan, konstitusi baru akan memberikan wewenang lebih besar kepada badan-badan yang anggotanya bukan hasil pilihan rakyat, seperti Mahkamah, dan secara tidak resmi, militer. Para pendukung mengatakan, konstitusi baru merupakan langkah yang diperlukan untuk kembali ke demokrasi.

XS
SM
MD
LG