Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Tolak Tuduhan Lakukan Proteksi Atas Produk-Produk Cina


Komisaris Perdagangan Uni Eropa, Peter Mandelson telah menampik klaim Cina bahwa kekhawatiran Uni Eropa mengenai keamanan produk Cina sama dengan proteksionisme. Mendelson mengatakan hari Senin ia tidak menerima klaim demikian. Dan ia, katanya, memberi dukungan teguh kepada perusahaan-perusahaan Eropa yang menolak barang Cina karena berbahaya bagi konsumen.

Media Cina hari Senin mengutip pejabat yang membawahi soal mutu selaku menggambarkan bahwa tindakan perusahaan-perusahaan Eropa terhadap barang Cina sebagai gejala baru dalam proteksionisme – yaitu apabila pemerintah membatasi barang impor untuk melindungi produksi dalam negeri dari persaingan luar.

Sebuah toko mainan besar di London hari Minggu menarik dua barang buatan Cina dari raknya setelah satu dari barang itu dikatakan mengandung 93% timah yang dapat menyebabkan kerusakan otak atau kemungkinan meninggal.

Awal bulan ini perusahaan mainan Amerika Mattel menarik lebih dari 18 juta mainan buatan Cina karena mengandung timah dalam kadar tidak aman atau magnet yang bisa tanggal dan tertelan.

Para pejabat Cina mengatakan eksportir mesti membuktikan bahwa barang mereka aman untuk bisa diekspor.

XS
SM
MD
LG