Tautan-tautan Akses

NASA Mungkin Persingkat Misi Pesawat Ulang-Alik Endeavour Karena Cuaca


Para pejabat badan antariksa Amerika NASA mengatakan mereka sedang mempertimbangkan untuk mempersingkat misi pesawat antariksa Endeavour karena badai topan Dean.

Peramal cuaca Amerika mengatakan badai yang kuat itu mungkin akan tiba di Teluk Meksiko dalam beberapa hari mendatang, dan dapat membelok ke arah kota Houston, Texas, tempat pangkalan operasi penerbangan antariksa berawak NASA. Kalau badai itu mencapai Houston, NASA akan terpaksa memindahkan operasinya ke Pusat Antariksa Kennedy di Florida.

Pesawat itu dijadwalkan pulang hari Rabu. Para pengelola penerbangan juga mengatakan mereka mungkin akan mempersingkat kegiatan yang ke-4 atau terakhir astronot di luar pesawat hari ini, untuk menambah komponen baru Stasiun Antariksa Internasional.

Sebelumnya, dalam pekan ini, awak Endeavour mempersingkat kegiatan yang ke-3 astronot di luar pesawat ketika astronot Rick Mastracchio mendapati lobang kecil pada sarung tangannya. Para pejabat mengatakan ia tidak dalam bahaya, tetapi pengawas penerbangan mengakhiri kegiatan itu sebagai langkah berhati-hati.

XS
SM
MD
LG