Tautan-tautan Akses

4 Tentara Pakistan dan 10 Militan Taliban Tewas dalam Bentrokan


Militer Pakistan menerangkan 4 anggotanya dan 10 tersangka militan tewas dalam bentrokan senjata di daerah barat laut yang berbatasan dengan Afghanistan. Menurut jurubicara militer Mayor Jenderal Waheed Arshad, hari Kamis militan menyerang satu konvoi militer dekat kota Wana di Waziristan selatan, kubu Taleban dan simpatisan al-Qaida.

Dalam tembak-menembak yang terjadi 2 anggota tentara dan 10 tersangka militan tewas dan puluhan militan luka-luka. Sebelumnya, militer Pakistan melaporkan bom yang ditanam di jalan menewaskan 2 anggota tentara di daerah kesukuan Waziristan utara.

Juga hari Kamis bom jalanan menewaskan seorang kepala suku dan seorang pendukungnya di daerah kesukuan Bajur. Pejabat-pejabat Pakistan juga mengatakan hari Kamis bahwa mereka menemukan sesosok mayat yang sudah rusak di daerah Kurram, satu kawasan perbatasan lainnya. Pada mayat ditemukan surat menyatakan siapa saja yang menjadi mata-mata Amerika akan mengalami nasib seram yang serupa.

Sementara di Washington, Amerika menyatakan pihaknya ingin melihat politik moderat tengah Pakistan diperkuat dalam menghadapi tantangan dari ekstremis Islamis. Menurut jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Sean McCormack pejabat-pejabat pemerintahan Bush sedang berbicara dengan Presiden Pakistan Pervez Musharraf dan mantan perdana menteri yang mengasingkan diri Benazir Bhutto.

Namun, McCormack tidak bersedia mengomentari apakah Washington menyarankan agar kedua pemuka politik itu menjalin kesepakatan. Suratkabar New York Times edisi hari Kamis mengabarkan pemerintahan Bush dengan diam-diam sedang mendorong Jenderal Musharraf berbagi kekuasaan dengan Benazir Bhutto musuh politik lamanya, guna memperluas landasan pemerintahan Islamabad yang dalam keadaan payah.

XS
SM
MD
LG