Tautan-tautan Akses

Washington Akan Sediakan Bantuan Pertahanan 30 Milyar Bagi Israel


Amerika dan Israel telah menandatangani perjanjian yang menyatakan Washington akan menyediakan bantuan untuk pertahanan sebesar 30 milyar dolar bagi sekutu terdekatnya di Timur Tengah itu selama satu dasawarsa ke depan. Bantuan ini naik 25 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

Wakil Mentri Luar Negri Amerika Nicholas Burns dan Dirjen kementrian luar negri Israel Aharon Abramovitz menandatangani perjanjian itu dalam sebuah upacara di Yerusalem hari Kamis ini.

Menurut Burns, paket bantuan itua dalah bagian dari janji Amerika untuk membantu Israel mempertahankan militer Israelagar tetap lebih maju dari musuh-musuh regionalnya.

Bulan lalu, pemerintahan Bush menyatakan akan menawarkan paket senjata senilai 20 milyar dolar ke Arab Saudi dan negara Teluk lainnya selama 10 tahun ke depan. Mesir akan mendapat 13 milyar dolar dalam bentuk bantuan pertahanan.

Pake-paket bantuan itu ditujukan untuk meyakinkan negara-negara Arab Sunni yang moderat bahwa Amerika tetap berkomitmen terhadap wilayah itu. Selain itu juga untuk memperkuat mereka dalam menghadapi semakin besarnya pengaruh Shiah Iran

XS
SM
MD
LG