Tautan-tautan Akses

Astronot Endeavour Selesaikan Kegiatan Pertama di Luar Pesawat


Para astronot pesawat ulang alik Endeavour telah menyelesaikan kegiatan di luar pesawat yang pertama dalam misi mereka untuk melanjutkan pembangunan stasiun antariksa internasional.

Para astronot sibuk selama enam jam hari Sabtu, memasang sebuah tiang besar pada stasiun antariksa dan menyiapkan pekerjaan selanjutnya. Hari Minggu mereka memusatkan perhatian pada lapisan pelindung panas pesawat, yang mungkin rusak pada saat peluncuran pekan lalu.

Sementara itu para pejabat NASA di bumi menganalisis gambar goresan berukuran tujuh setengah kali tujuh setengah sentimeter pada pelindung panas pesawat. Badan pesawat ulang alik ditutup ribuan ubin tahan panas, untuk melindungi pesawat dari suhu yang sangat tinggi pada saat pesawat masuk atmosfir bumi.

Diperkirakan, sepotong es atau busa pelindung tangki eksternal menghantam lapisan pelindung panas ketika pesawat diluncurkan hari Rabu. Hasil pemeriksaan yang dilakukan para astronot hari ini akan membantu menentukan parahnya kerusakan, dan apakah kerusakan itu menimbulkan resiko pada waktu Endeavour pulang ke bumi.

XS
SM
MD
LG