Tautan-tautan Akses

Surin Pistuwan Dinyatakan Sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN yang Baru


Para Menteri Luar Negeri ASEAN mengakhiri sidang keamanan tahunan di mana mereka membahas terorisme, hak asasi dan hal-hal lain. Kesepuluh negara anggota ASEAN bertemu di Manila selama sepekan, dihadiri utusan 17 negara lain termasuk Cina, Amerika dan Uni Eropa.

Dalam pertemuan ini, Menteri Luar Negeri Thailand Surin Pistuwan dinyatakan sebagai Sekretaris Jenderal yang baru. Pengukuhan pengangkatan Surin akan dilakukan dalam KTT ASEAN di Singapura bulan November.

Para menteri LN ASEAN juga telah menyelesaikan sebuah rancangan piagam baru untuk organisasi regional itu, yang dikatakan oleh para pejabat akan mengubah cara organisasi itu membuat keputusan di masa depan.

Menteri LN Filipina Roberto Romulo mengatakan usul aturan baru itu, yang disetujui dalam pertemuan pekan ini di Manila, tidak akan lagi memerlukan permufakatan seluruh anggota untuk suatu keputusan.

Bagaimana persisnya ASEAN akan mengambil keputusan di masa depan belum jelas. Rancangan itu belum diumumkan, tetapi diperkirakan akan disetujui dalam KTT para pemimpin ASEAN bulan November nanti.

Kemarin, para pejabat ASEAN membahas usul untuk membentuk Badan Pengawas Nuklir Asia. Para anggota mengatakan, mereka ingin bekerjasama lebih erat dengan Badan Energi Atom Internasional untuk memperkuat pengawasan nuklir di Asia Tenggara. Beberapa hari yang lalu, ASEAN telah sepakat membentuk komisi hak asasi, meskipun semula ditentang oleh Birma.

XS
SM
MD
LG