Tautan-tautan Akses

Para Diplomat ASEAN Bahas Upaya Melindungi Nilai Mata Uang


Para diplomat dari Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN sedang membahas bagaimana melindungi mata uang mereka sementara investasi luar negeri membengkak dalam ekonomi diwilayah itu.

Dalam pertemuan Selasa di Manila, para diplomat memperingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang pesat di Asia bisa dengan cepat berubah menjadi suram apabila investor luar negeri mulai kawatir dan memindahkan dana mereka kebagian dunia lain.

Menteri Luar Negeri Thailand, Nitya Pibulsonggram mengatakan negara-negara yang terkena krisis ekonomi akhir 90an masih tetap terancam oleh ambruknya sistem keuangan.

Para menteri luar negeri ASEAN sedang membahas cara-cara memperluas fasilitas pendanaan regional menjadi suatu mekanisme internasional, yang mampu melindungi mata uang para anggota ASEAN, serta juga Cina, Jepang dan Korea Selatan.

Para diplomat dalam pertemuan Selasa itu juga membahas sebuah usulan pembentukan blok perdagangan Asia Timur serta usaha untuk meningkatkan kerjasama politik, ekonomi dan keamanan di wilayah itu.

XS
SM
MD
LG