Tautan-tautan Akses

Rice dan Robert Gates Dijadwalkan Menuju Timur Tengah untuk Mencari Dukungan


Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice dan Menteri Pertahanan Robert Gates Senin ini dijadwalkan menuju Timur Tengah untuk mencari dukungan bagi upaya pimpinan Amerika menstabilkan Irak. Kedua pejabat kabinet itu bersama-sama akan mengunjungi Jeddah, Arab Saudi hari Selasa dan kemudian menuju Sharm el-Sheikh di Mesir untuk menghadiri pertemuan dengan para pejabat puncak di kawasan itu.

Secara terpisah Rice akan melawat ke Yerusalem dan Ramallah untuk mengadakan pembicaraan politik dengan para pejabat Israel dan Palestina, sementara Gates diperkirakan akan mengadakan pembicaraan di negara-negara Teluk Persia lainnya.

Laporan media di Amerika dan Israel mengatakan Amerika sedang bersiap-siap mengumumkan rencana penjualan senjata canggih bernilai 20 miliar dolar kepada Arab Saudi serta negara Teluk Persia lainnya. Langkah itu merupakan tanggapan atas apa yang dikatakan oleh para pejabat Amerika sebagai ancaman yang semakin besar dari Iran.

Pada saat bersamaan Duta Besar Amerika untuk PBB, Zalmay Khalilzad mengecam para pemimpin Saudi karena tidak berbuat semaksimal mungkin mendukung kebijakan Amerika mengenai Irak.

XS
SM
MD
LG