Tautan-tautan Akses

Bangsa Irak Rayakan Kemenangan Tim Sepakbola dalam Piala Asia


Bangsa Irak merayakan kemenangan kesebelasannya dalam turnamen sepakbola Piala Asia. Sekaitan dengan itu pemerintah meningkatkan pengamanan untuk mencegah terulangnya kekerasan yang menodai perayaan kemenangan sebelumnya.

Seperti diketahui, dalam final hari Minggu di Jakarta, Irak mengalahkan Arab Saudi 1-0 dan merebut Piala Asia. Begitu pertandingan selesai warga Irak segera tumpah dan menari-menari di jalan-jalan sambil melepaskan tembakan ke udara meskipun pemerintah melarang perayaan dengan tembakan.

Pemain Irak terdiri dari golongan Suni, Syi’ah dan Kurdi. Pemerintah Irak juga melarang kendaraan masuk ke Baghdad dan beberapa bagian lain selama pertandingan tadi. Pekan lalu mobil bom menewaskan 50 dan melukai 130 warga yang sedang merayakan kemenangan Irak dalam semifinal melawan Korea Selatan.

Dalam perkembangan lain – militer Amerika mengatakan pasukan koalisi menewaskan 8 teroris dan menangkap 22 tersangka dalam operasi hari Minggu terhadap al-Qaida di seluruh Irak. Sumber yang sama juga mengatakan dua anggota militer Amerika tewas dalam operasi hari Minggu, seorang di Baghdad timur dan seorang di utara ibukota itu.

XS
SM
MD
LG