Tautan-tautan Akses

Pemerintahan Bush Minta Kongres Setujui Penjualan Senjata ke Timur Tengah


Para pejabat Amerika mengatakan pemerintahan Bush diperkirakan akan meminta Kongres untuk menyetujui paket penjualan senjata dalam jumlah besar kepada Arab Saudi dan negara-negara Teluk Persia lain, sebagian untuk menghadapi pengaruh Iran yang makin kuat di kawasan itu.

Para pejabat pemerintahan mengatakan paket tersebut, bernilai sekurang-kurangnya 20 milyar dolar, akan mencakup persenjataan canggih, termasuk bom yang dipandu melalui satelit.

Pemerintahan Bush juga diperkirakan akan mengusulkan paket bantuan 10 tahun yang baru untuk Israel bernilai 30 milyar dolar, dan juga paket bantuan 10 tahun untuk Mesir bernilai 13 milyar dolar.

Para pejabat Amerika mengatakan Washington sedang berusaha memperkuat hubungan dengan sekutu-sekutunya di Timur Tengah sebagai penyangga dalam menghadapi Iran, yang dituduh Amerika sedang berusaha mengembangkan senjata nuklir.

Usul jual-beli senjata dengan Arab Saudi itu telah menimbulkan tentangan kuat dari Israel. Pemerintahan Bush juga mengatakan pihaknya prihatin mengenai kegagalan kerajaan itu mendukung pemerintah Irak.

XS
SM
MD
LG