Tautan-tautan Akses

AS Mungkin Lancarkan Serangan di Pakistan Untuk Tumpas Sel-Sel Teroris


Penasehat Presiden Bush untuk masalah keamanan dalam negeri, Frances Townsend mengatakan Amerika tidak menepiskan kemungkinan melancarkan serangan militer di bumi Pakistan untuk menumpas sel-sel teroris. Hal ini dikemukakannya dalam wawancara dengan televisi Amerika hari Minggu.

Menurutnya Amerika sedang bekerja dengan Pakistan untuk menyetop teroris berlindung di daerah-daerah dekat perbatasan Pakistan dengan Afghanistan. Sewaktu ditanya apakah Amerika mungkin melancarkan serangan di bumi Pakistan, ia mengatakan Amerika akan menggunakan tiap alat yang ada padanya untuk menghantam pemimpin teroris Osama bin Laden dan jaringan teroris al-Qaida. Frances Townsend mengatakan prioritas pemerintahan Bush dalam perang melawan terorisme ialah melenyapkan yang disebut tempat aman bagi al-Qaida.

Sebelumnya, Presiden Bush, dalam pidato radio mingguan hari Sabtu, mengatakan laporan baru intelijen Amerika mengaitkan kebangkitan al-Qaida di Pakistan dengan perjanjian yang dibuat Presiden Pervez Musharraf dengan pemuka-pemuka suku tahun lalu. Presiden Bush mengatakan Jenderal Musharraf sekarang menyadari perjanjian dengan para pemuka suku itu suatu kekeliruan dan mulai mengambil langkah untuk memperbaikinya.

Seterusnya Bush mengatakan, tindakan pasukan Pakistan menyerbu Masjid Lal di Islamabad belum lama ini merupakan bukti dari upaya baru Jenderal Musharraf dalam menumpas kelompok teroris. Serbuan terhadap Masjid itu menyulut rangkaian serangan dari militan di seluruh Pakistan pekan lalu, gelombang kekerasan yang menewaskan lebih dari 160 orang.

Dalam wawancara terpisah dengan televisi Amerika hari Minggu menteri luar negeri Pakistan Khurshid Kasuri mengatakan Amerika harus membiarkan Pakistan menangani masalah keamanan di daerah-daerah kesukuan itu.

XS
SM
MD
LG