Tautan-tautan Akses

Bush Kembali Bertugas Setelah Selesai Jalani Pemeriksaan Medis


Presiden Bush telah kembali menjalankan tugas kepresidenannya setelah untuk sementara menyerahkan kekuasaan kepada Wakil Presiden Dick Cheney, pada waktu Presiden Bush menjalani pemeriksaan medis.

Hari sabtu Presiden Bush menjalani pemeriksaan kolonoskopi untuk memeriksa apakah mengidap penyakit kanker atau tidak pada usus besarnya.

Pemeriksaan itu dilakukan di tempat peristirahatan Presiden di Camp David , Maryland.

Dalam prosedur pemeriksaan itu para dokter telah mengambil lima polyp, yang sangat lazim, tetapi kemungkinan besar bisa menyebabkan kanker. Para dokter akan memeriksa polyp yang telah diambil itu untuk mengetahui apakah terdapat gejala kanker.

Penyerahan tugas jabatan sementara kepada Wakil Presiden Dick Cheney hanya berlangsung sebentar, dua jam lebih sedikit. Wakil Presiden Cheney juga pernah menjadi presiden sementara tahun 2002 ketika Presiden Bush menjalani pemeriksaan serupa.

Penyerahan kekuasaan sementara itu dibolehkan UUD Amerika Serikat. Pertama kali hal itu terjadi dalam tahun 1985, ketika Wakil Presiden H.W. Bush, ayah Presiden Bush yang sekarang, menjabat Presiden ketika Presiden Ronald Reagan waktu itu menjalani pembedahan

XS
SM
MD
LG