Tautan-tautan Akses

Inspektur PBB Siap Verifikasi Pengumuman Penutupan Reaktor Nuklir Korut


Para inspektur PBB bersiap memulai verifikasi pengumuman Korea Utara bahwa pihaknya telah menutup reaktor nuklir utama Yongbyon. Asisten MenLu AS Christopher Hill Ahad ini menyambut baik berita penutupan tersebut. Hill mengatakan: "Kita menyadari betapa lamanya ini baru dilakukan. Saya pikir kita harus sesungguhnya bekerja keras untuk beberapa langkah lagi yang perlu."

Ketua delegasi Amerika untuk pembicaraan nuklir itu mengatakan di Tokyo, para inspektur Badan Tenaga Atom Internasional telah siap untuk mulai bekerja hari Minggu ini. Para inspektur itu tiba di Pyongyang hari Sabtu, saat Korea Utara memberitahu Amerika pihaknya telah menutup fasilitas nuklir itu.

Hari Minggu ini Korea Selatan menyambut baik pengumuman Korea Utara itu. Kementerian Luar Negeri di Seoul mengatakan hal itu langkah yang membesarkan hati dalam proses perlucutan senjata nuklir.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika, Sean McCormack mengatakan Washington mengharapkan kemajuan cepat dalam melaksanakan langkah berikutnya dari kesepakatan enam negara untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara.

Korea Utara, Korea Selatan, Amerika, Cina, Jepang, dan Rusia dijadwalkan akan membicarakan fase berikutnya itu hari Rabu di Beijing.


XS
SM
MD
LG