Tautan-tautan Akses

Bush: Jaringan Al-Qaida Melemah tetapi Masih Merupakan Ancaman


Presiden Bush menyatakan, jaringan teror al-Qaida telah melemah tetapi masih merupakan ancaman terhadap Amerika Serikat dan lain-lainnya.

Bush mengatakan kepada para wartawan Kamis kemarin bahwa jaringan itu lebih lemah daripada sebelum serangan teroris tahun 2001 terhadap A.S. Dia menanggapi penilaian ancaman baru-baru ini oleh Pusat Perlawanan terorisme Nasional, suatu organisasi pemerintah yang menasehati para pejabat A.S. mengenai ancaman terror.

Laporan tadi mengatakan, al-Qaida telah membangun kembali banyak organisasinya, meskipun mengalami serangan Amerika 6 tahun ini. Dikatakannya, kelompok itu juga menciptakan tempat persembunyian di Pakistan barat karena ada persetujtuan perdamaian antara pemerintah Pakistan dan para pemimpin suku.

Menurut laporan itu, persetujuan tadi secara efektif meniadakan kehadiran pemerintah Pakistan dari daerah di bagian barat-laut, yang berbatasan dengan Afganistan, sehingga memungkingkan teroris untuk melakukan infiltrasi.

Sebelumnya, Kamis kemarin, Menteri Keamanan Nasional Michael Chertoff mengatakan, A.S. sedang memasuki periode peningkatan keamanan, meskipun tidak ada ancaman khusus. Dia mengatakan kepada TV ABC, Amerika telah mencapai kemajuan besar dalam membangun pertahanannya dan membuyarkan berbagai kegiatan al-Qaida di luar negeri.

XS
SM
MD
LG