Tautan-tautan Akses

DPR AS Setujui Resolusi Penarikan Pasukan AS dari Irak Sebelum 1 April


DPR Amerika telah menyetujui resolusi yang mengharuskan penariksan dari Irak sebagian besar pasukan tempur Amerika sebelum 1 April tahun depan.

DPR yang dikuasai partai Demokrat itu mendukung resolusi tersebut Kamis kemarin, dengan perbandingan suara 223 lawan 201. Resolusi itu mengharuskan Presiden Bush melapor kepada Kongres kalau ada pasukan Amerika yang harus tinggal di Irak untuk tujuan terbatas, seperti melatih pasukan Irak atau melindungi diplomat.

Pemerintahan Bush memberi laporan sementara mengenai Irak Kamis kemarin yang mengatakan kemajuan militer dan politik di sana terbatas – tetapi Presiden Bush mengatakan ia masih yakin perang itu dapat dimenangkan. Ia mendesak Kongress dan masyarakat agar jangan dulu menilai strateginya mengenai Irak selama beberapa bulan lagi.

Laporan sementara itu menunjukkan kemajuan memuaskan dalam 8 dari 18 patokan yang ditetapkan Kongres. Laporan itu menunjukkan kemajuan yang tidak memuaskan dalam 8 patokan lainnya dan hasil yang tidak jelas dalam dua patokan.

XS
SM
MD
LG