Tautan-tautan Akses

Pyongyang akan Usulkan Diadakan Pembicaraan Militer dengan AS


Kantor berita Pusat Resmi Korea Utara [KCNA] mengatakan, Pyongyang akan mengusulkan agar diadakan pembicaraan langsung militer dengan Amerika Serikat.

Kata KCNA Jumat ini, pembicaraan itu akan membahas berbagai masalah perdamaian dan keamanan mengenai jazirah Korea. Korea Utara mengusulkan, supaya pembicaraan itu meliputi seorang wakil PBB.

A.S. tidak segera menanggapi usul itu. Suatu tim inspektur nuklir PBB hari ini tiba di Beijing dalam perjalanan ke Korea Utara untuk memantau penutupan reaktor utama nuklir Korea Utara. Kepala tim itu – Adel Tolba – menyatakan optimistis mengenai misi itu. Para inspektur tadi akan berada di Korea Utara Saptu besok.

Inspeksi itu akan merupakan yang pertama kali dalam hampir 5 tahun ini bahwa Korea Utara akan bersama para ahli dari Badan Tenaga Atom Internasional [IAEA]. Kepala IAEA, ElBaradei

Kepala IAEA Mohammad ElBaradei berharap proses itu akan berjalan lancar. Namun dikatakannya bahwa menutup program nuklir Pyongyang akan merupakan – proses yang berlangsung lama yang bergantung pada kemajuan pembicaraan 6 pihak.

XS
SM
MD
LG