Tautan-tautan Akses

Olmert Kunjungi Kota Perbatasan Untuk Peringati Perang Israel-Hizbullah


PM Israel Ehud Olmert mengunjungi perbatasan Israel dengan Lebanon untuk memperingati ulang tahun pertama perang antara Israel dan pasukan Shiah-Hizbullah di Lebanon. Olmert hari ini mengunjungi kota Kiryat Shemona, dimana sebagian dari empat ribu roket Hizbullah mendarat selama perang itu. PM Israel itu mengakui gagal dalam konflik 34 hari itu, dan mengatakan pemerintahnya sedang berusaha memperbaiki kesalahan yang mereka buat.

Dalam laporan memperingati ulang tahun itu, organisasi HAM berpusat di New York, Human Rights Watch mengatakan pelanggaran yang terjadi di kedua belah pihak dalam perang itu dibiarkan tanpa ada yang dihukum.

Organisasi itu menuduh Israel melakukan pemboman membabi-buta terhadap daerah-daerah berpenduduk sipil di Lebanon selatan dan meninggalkan sekitar satu juta munisi yang tidak meledak di Lebanon. Hizbullah juga dikatakan menembakkan empat ribu roket ke Israel Utara, menewaskan 39 penduduk sipil Israel.

Sementara itu, pasukan Israel bergerak masuk ke Jalur gaza hari Kamis memburu kaum militan yang mereka inginkan, memicu pertempuran sengit dengan pejuang-pejuang Hamas yang menewaskan seorang tentara Israel. Ini merupakan kematian tentara Israel pertama dalam pertempuran sejak November.

Sayap bersenjata Hamas, Brigade Al Qassam mengatakan pasukannya mencegat pasukan Israel dan meledakkan dua ranjau besar ketika patroli Israel mendekati sebuah kamp pengungsi di Gaza tengah.

Militer Israel mengatakan di samping tentara yang terbunuh itu, dua tentaranya yang lain luka-luka ringan. Para saksi mata mengatakan pasukan Israel menahan puluhan warga Palestina. Juga hari Kamis, militer Israel mengatakan telah menembak mati seorang palestina bersenjata yang melepaskan tembakan ke arah sebuah pos penjagaan di Tepi Barat.

Dalam berita lain, pejabat-pejabat Amerika mengatakan rencana kunjungan Mentri LN Condoleezza Rice ke Timur Tengah pekan depan telah ditunda.

XS
SM
MD
LG