Tautan-tautan Akses

Musharraf Bela Serbuan Terhadap Masjid Radikal di Islamabad


Presiden Pakistan Pervez Musharraf mengatakan ia bertekad untuk membasmi ekstremisme di tiap penjuru Pakistan.

Presiden Musharraf mengatakan pemerintah tidak akan gentar dalam upayanya untuk mengalahkan terorisme. Ia mengeluarkan komentar itu hari Kamis, dalam pidato televisi kepada bangsa Pakistan, setelah pengepungan berdarah selama sepekan terhadap Masjid Merah yang radikal di Islamabad.

Presiden Musharaf membela serbuan oleh pemerintahnya terhadap masjid itu, ditengah meningkatnya kekhawatiran akan terjadi reaksi dari kaum militan. Presiden Pakistan itu mengatakan ia memilih tindakan militer untuk mengakhiri krisis itu hanya setelah perundingan dengan pemimpin-pemimpin masjid itu gagal.

Pasukan Pakistan mengepung masjid radikal itu pekan lalu setelah bentrok yang mengakibatkan jatuh korban, pecah antara pasukan keamanan dan siswa-siswa masjid itu yang bersenjata. Presiden Musharraf mengatakan tujuannya adalah untuk menyelamatkan mereka yang dijadikan sandra – termasuk perempuan dan anak-anak – oleh kaum militan yang bertahan di dalam kompleks masjid itu.

Pemerintah mengatakan sekurang-kurangnya 105 orang tewas dalam pengepungan selama delapan hari itu, termasuk kaum militan, para siswa dan 10 tentara Pakistan.

Pemimpin dan siswa-siswa di masjid Merah itu sudah berbulan-bulan melakukan kampanye disertai kekerasan untuk memberlakukan hukum Islam yang ketat di Pakistan.


XS
SM
MD
LG