Tautan-tautan Akses

Ulama Radikal dan 60 Lainnya Tewas Dalam Penggerebekan di Masjid Islamabad


Kementerian dalam negeri Pakistan mengatakan ulama yang memimpin perlawanan di masjid radikal di Islamabad tewas setelah tentara menyerbu masuk ke kompleks masjid itu.

Seorang jurubicara kementerian mengatakan Abdul Rashid Ghazi tertembak mati hari Selasa dalam bentrokan bersenjata antara militan dan tentara pemerintah di lantai dasar Masjid Merah.

Seorang jurubicara untuk militer Pakistan, Mayor Jenderal Waheed Arsyad mengatakan tentara kini membersihkan kompleks itu dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Ia menambahkan operasi masih berlangsung dan militer kini menguasai sebagian besar kompleks Masjid Merah itu.

Pejabat-pejabat keamanan Pakistan mengatakan bentrokan sengit di sana mengakibatkan setidaknya 50 militan dan delapan tentara tewas. Pihak berwenang memperkirakan militer telah menahan sekitar 70 militan dan menyelamatkan lebih 80 orang dari kompleks itu, termasuk wanita dan anak-anak.

Para pengikut ulama Abdul Rashid Ghazi hendak menegakkan hukum Islam yang ketat gaya Taliban di negara itu. Perundingan bagi penyerahan-diri mereka ambruk sebelum militer melancarkan serangannya.

XS
SM
MD
LG