Tautan-tautan Akses

PM Inggris Desak Eropa Miliki Daftar Nama Para Tersangka Teroris


Perdana menteri Inggris Gordon Brown mengatakan ia menghendaki Eropa mempunyai daftar nama-nama tersangka teroris agar informasi dapat dibagi secara internasional. Keterangan ini diucapkannya pada televisi Inggris hari Minggu sambil menambahkan bahwa informasi tentang rekruitmen teroris di satu negara segera bisa diperoleh pemerintah lain.

Brown mengemukakan hal ini pada saat menteri keamanan baru Alan West mengingatkan bahwa Inggris menghadapi perang 15 tahun melawan ekstremisme. Dalam keterangan yang diterbitkan West juga menghimbau bangsanya agar memberitahu pihak berwajib kalau ada kegiatan yang mencurigakan.

Hari Minggu yang berwajib di Inggris menuduh Dokter Bilal Abdullah yang asal Irak berkomplot menimbulkan ledakan. Tuduhan ini dikenakan sekaitan dengan komplotan hendak meledakkan mobil-bom di London dan Glasgow bulan lalu.

Tersangka kedua masih dirawat di rumah sakit akibat luka bakar parah yang dialaminya ketika menabrakkan mobil penuh bahan bakar ke pintu utama bandar udara Glasgow.

XS
SM
MD
LG