Tautan-tautan Akses

Ivanov: Rusia Ambil Langkah Baru, Jika AS Tolak Kerjasama Sistem Pertahanan Misil


Sergei Ivanov, wakil perdana menteri Rusia mengatakan, negaranya akan mengambil langkah-langkah baru untuk menjamin keamanan Rusia, apabila Amerika menolak tawaran kerjasama dalam sistem pertahanan misil.

Kata Ivanov, Rusia akan mengambil apa yang disebutnya tanggapan yang tidak simetris terhadap rencana Amerika mendirikan pangkalan misil dan radar di Polandia dan Ceko.

Ketika berada di Amerika minggu ini, Presiden Putin mengusulkan kepada Presiden Bush supaya fasilitas radar itu dibangun di Rusia bagian selatan. Sebelum itu, Putin telah mengusulkan supaya Amerika menggunakan pangkalan radar Rusia yang ada di Azerbaijan.

Kata Ivanov, rancangan Rusia itu lebih baik dari rencana Amerika karena akan memberikan perlindungan atas kawasan yang lebih luas. Kalau diterima Amerika, katanya, Rusia akan membatalkan rencana penempatan misil di Kaliningrad, sebuah kawasan milik Rusia di pantai Laut Baltik.

Rancangan Presiden Bush untuk membangun pangkalan misil dan radar di Polandia dan Ceko itu katanya ditujukan untuk melawan kemungkinan serangan misil dari Iran dan Korea utara. Tapi kata Rusia, kedua pangkalan itu hanya akan mengancam keamanan Rusia.

XS
SM
MD
LG