Tautan-tautan Akses

Iran Menyanggah Tuduhan Amerika, Iran Menggunakan Hezbollah di Irak


Iran menyanggah tuduhan Amerika bahwa negara itu menggunakan kelompok Syiah di Libanon, Hezbollah, untuk mempersenjatai kaum militan Syiah di Irak.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Iran mengatakan, para pejabat Amerika melontarkan yang disebutnya ‘pernyataan tidak masuk akal’ untuk memperoleh keuntungan politik, tanpa mengajukan bukti.

Kemarin, tentara Amerika mengatakan, instruktur pasukan khusus Iran dan Hezbollah setiap kali melatih sekitar 20 sampai 60 warga Irak di Iran, dan kemudian mengirim mereka kembali ke Irak untuk melancarkan serangan.

Brigadir Jenderal Kevin Bergner menambahkan, seorang tokoh senior Hezbollah, Ali Musa Daqduq tertangkap di Irak bulan Maret.

Jenderal Bergner menuduh pasukan khusus Iran terlibat dalam serangan di Karbala bulan Januari yang menewaskan lima orang tentara Amerika.

Hari ini tentara Amerika mengatakan, pasukan Amerika menewaskan sekurnag-kurangnya 23 orang pemberontak dalam pertempuran Sabtu dan Minggu di provinsi Anbar. Di antara yang tewas terdapat tujuh orang pemberontak yang mengenakan perlengkapan sebagai pengebom bunuh diri.

XS
SM
MD
LG