Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Melihat Kemajuan dan Harapan di Irak


Presiden Bush mengatakan ia melihat tanda-tanda kemajuan yang memberi harapan di Irak. Ia berpidato di depan Naval War College di negara bagian Rhode Island. Presiden Bush mengatakan pasukan Amerika yang telah diperkuat di provinsi Anbar telah mengurangi kekerasan sektarian. Ia mengatakan serangan-serangan secara keseluruhan di provinsi itu menurun tajam dibanding keadaannya pada saat ini tahun lalu.

Di Baghdad, Presiden Bush mengatakan ofensif yang diperluas telah dilancarkan yang disebut operasi “Phantom Thunder.” Ia mengatakan operasi itu difokuskan untuk mengalahkan al-Qaida, pembrontak dan milisi dengan tidak memberikan tempat aman kepada mereka dan mengobrak-abrik logistik, persediaan dan komunikasi mereka.

Secara terpisah, Departemen Pertahanan Korea Selatan mengatakan departemen itu membutuhkan waktu lebih banyak untuk memutuskan kapan 1.200 pasukannya akan ditarik dari Irak. Seorang pejabat Departemen Pertahanan Korea Selatan hari ini mengatakan Seoul sekurang-kurangnya akan membutuhkan sampai bulan September untuk mengambil keputusan terakhir.

Departemen Pertahanan Korea Selatan telah menyerahkan laporan kepada parlemen mengenai penarikan itu, tetapi tidak memasukkan jadwal waktu yang spesifik. Korea Selatan mulai mengerahkan 3.600 pasukan ke Irak pada tahun 2004 dan sejak itu secara bertahap telah mengurangi pasukannya di sana. Seoul menarik pasukannya sebagian sebagai tanggapan terhadap kecaman anggota-anggota parlemen dan publik.

XS
SM
MD
LG