Tautan-tautan Akses

Pemimpin Arab dan Israel Bertemu di Sharm el-Sheikh, Mesir


Pemimpin Arab dan Israel bertemu Senin di Mesir. Pembicaraan di Sharm el-Sheikh melibatkan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Mesir Hosni Mobarak, dan Raja Jordania Abdullah.

Olmert memperkecil harapan bahwa perundingan ini akan mampu membuat terobosan baru, dan sebaliknya, ia mengatakan pertemuan ini akan menjadi penting karena menunjukkan ke empat pemimpin yang bertemu mengungkapkan suatu keinginan untuk membangun proses perdamaian.

Olmert diharapakan akan menjelaskan cara-cara yang dipakainya untuk bekerja sama dengan pemrintah Palestina yang baru. Pejabat Palestina mengatakan mereka ingin perundingan dimulai kembali untuk mengakhiri pendudukan Israel di Tepi Barat, dan menciptakan kemajuan dalam pembentukan negara Palestina.

Sementara itu, PM Israel Ehud Olmert mengatakan ia akan membebaskan 250 anggota Fatah dari penjara Israel sebagai itikad baik kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Olmert mengatakan ia akan mengusulkan pada kabinet Israel untuk membebaskan 250 anggota Fatah yang mengutip kata-katanya “tidak punya darah ditangannya” dan yang berjanji tidak akan melakukan kekerasan. Olmert mengatakan ia tidak bermaksud membiarkan peluang perdamaian lewat begitu saja.

XS
SM
MD
LG