Tautan-tautan Akses

76 WNI Tunggu Nasib di Penjara Imigrasi AS


Oleh: Sondang Sirait dan Yuni Wilcox

Philadelphia, AS

Ketenangan komunitas Indonesia di Amerika kembali terusik dengan berita penangkapan 76 WNI minggu lalu, semuanya buruh plastik di kota kecil East Stroudsburg, dekat perbatasan negarabagian Pennsylvania dan New Jersey.

Salah satu dari mereka adalah Maidah, asal Madura, yang selama ini juga dikenal sebagai sub agen atau penyalur pekerjaan bagi TKI di kawasan Scranton, Pennsylvania. Maidah dan ke-75 pekerja Indonesia lainnya ditangkap dalam penggerebekan pagi hari.

Tapi Suami Maidah, Syamsul, yang juga bekerja di pabrik yang sama, dilepas.

Kata Syamsul, polisi sempat menanyakan surat-suratnya, tapi ia lalu menunjukkan akte kelahiran anaknya, Irfan. “Langsung saya dibawa pulang. ‘Jaga anaknya yang baik,’ kata polisi itu,” ujar Syamsul, “Saya kaget, itu berarti istri saya mau dibawa.”

Kepada VOA, Badan Imigrasi AS, ICE, mengatakan para tahanan pada akhirnya akan dideportasi, namun harus terlebih dahulu menjalani persidangan.

Pihak KJRI New York, yang membawahi wilayah Pennsylvania, berjanji akan mendampingi para tahanan, namun dengan tetap mematuhi hukum Amerika.

“Kita harus bedakan aspek hokum dan aspek perlindungan terhadap warga Indonesia. Aspek hukum tentu harus kita taati sesuai yang berjalan di Amerika. Itu akan berjalan sesuai prosedur,” tegas Bambang Antarikso, Konsul RI di New York.

Meskipun bukan yang pertama, dan mungkin bukan yang terakhir pula, penggerebekan pekerja ilegal ternyata tidak membuat gentar sebagian pendatang tanpa dokumen asal Indonesia di kawasan Pennsylvania, yang diperkirakan berjumlah ribuan orang.

“Sebab mereka ingin mendapat uang banyak, kalau dihitung-hitung satu minggu dapat 400 dolar, di Indonesia berapa?” kata Slevin Atmodjo, pemilik toko Indonesia Store di Philadelphia, yang sudah sembilan tahun menetap di Amerika.

Sementara itu, setelah tujuh tahun menetap di negeri Paman Sam, Syamsul menyatakan sudah tak lagi betah. Ia berencana menjual harta miliknya untuk mencoba mengeluarkan sang istri dari penjara, dan kembali ke Indonesia.

XS
SM
MD
LG