Tautan-tautan Akses

Korea Utara: Sengketa Finansial Dengan AS Sudah Selesai


Korea Utara mengatakan sengketa finansial dengan Amerika Serikat sudah selesai, yang membuka jalan bagi penutupan reaktor nuklir Yongbyon. Kantor berita pemerintah Korea Utara mengumumkan hal itu hari ini setelah sebuah bank Rusia mengukuhkan bank itu sudah menyelesaikan transfer dana 25 juta dollar ke Korea Utara.

Dana itu dibekukan di sebuah bank Macao sejak tahun 2005, sewaktu Amerika mengenakan sanksi terhadap lembaga itu karena dituduh membantu Korea Utara memutihkan uang. Korea Utara telah menolak melaksanakan persetujuan bulan Februari untuk menutup reaktor nuklir utamanya sebelum mendapatkan kembali dana itu melalui sistem perbankan internasional.

Dalam pada itu, inspektur nuklir utama PBB, IAEA, Olli Heinonen kini berada di Bejing menjelang kunjungan yang jarang terjadi ke Korea Utara hari Selasa ini. Menurut Heinonen, tujuan kunjungannya adalah untuk melakukan perundingan secara rinci mewakili IAEA dalam memastikan pengawasan dan penutupan fasilitas Yongbyon. Dia dan tim inspektur nuklirnya diduga akan tinggal di Pyongyang selama 5 hari.

XS
SM
MD
LG