Tautan-tautan Akses

Gordon Brown Dikukuhkan Sebagai Pemimpin Baru Partai Buruh Inggris


Mantan menteri keuangan Inggris Gordon Brown telah dikukuhkan menjadi pemimpin baru Partai Buruh yang memerintah, tiga hari sebelum ia menggantikan Tony Blair sebagai perdana menteri berikutnya.

Tony Blair hari Minggu memperkenalkan penggantinya itu dalam konperensi partai di Manchester. Sesaat kemudian Brown menerima tugas barunya dengan yang disebutnya kerendahan hati, bangga dan tuntutan untuk berbakti.

Brown mulai menjadi perdana menteri hari Rabu. Ia berjanji akan melakukan reformasi menyeluruh guna mengatasi kemiskinan dan memperbaiki sistem pelayanan kesehatan. Ia mengatakan upaya Inggris mengisolir terorisme tidak bakal terbatas pada penggunaan kekuatan militer tetapi juga mencakup inisiatif untuk merebut hati kepercayaan orang di dalam dan luar negeri.

Sebelum konferensi, Brown mengatakan di televisi Inggris bahwa tiap orang yang duduk dalam pemerintahannya harus mendukung posisi Partai Buruh yang memerintah. Sebelumnya hari Minggu mantan menteri kehakiman Harriet Harman dipilih menjadi deputi baru pemimpin Partai Buruh.

XS
SM
MD
LG