Tautan-tautan Akses

Saudara Sepupu Saddam, 'Ali Kimia' Dijatuhi Hukuman Gantung


Pengadilan Tinggi Irak telah menjatuhkan hukuman mati dengan cara digantung terhadap saudara sepupu Saddam Hussein, atas perannya dalam kampanye bumi-hangus tahun 1980-an terhadap suku Kurdi. Ali Hassan al-Majid dijuluki “Ali Kimia” karena bertanggungjawab atas serangan gas racun terhadap kota Kurdi Halabjah tahun 1988.

Pengadilan juga menjatuhkan hukuman mati terhadap dua terdakwa lainnya, mantan deputi direktur operasi angkatan bersenjata Irak, Rashid Muhammad dan mantan Menteri Pertahanan Sultan Hashim Ahmad al-Tai. Dua bekas pejabat intelijen dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Pengadilan menolak dakwaan terhadap bekas gubernur kota Mosul Irak utara karena tidak cukup bukti.

Sementara itu, militer Amerika mengatakan, tujuh tentara dan seorang anggota angkatan udara Amerika tewas dalam serangan-serangan di Irak hari Sabtu, sementara pasukan koalisi melanjutkan ofensif untuk menyingkirkan pemberontak dari kawasan di selatan dan utara Baghdad.

Dalam satu insiden maut, empat orang tentara tewas dan seorang penerjemah Irak cedera ketika sebuah bom meledak dekat mobil yang mereka tumpangi di barat laut Baghdad. Dua tentara dan seorang anggota angkatan udara tewas dalam pemboman pinggir jalan. Seorang tentara lainnya tewas di Baghdad ketika kendaraannya diserang dengan senjata ringan.

Sebuah pernyataan terpisah militer Amerika mengatakan, tujuh orang teroris tewas dan 10 lainnya ditangkap dalam operasi dengan sasaran para pimpinan al-Qaida selama dua hari terakhir. Pernyataan itu mengatakan, tentara melakukan razzia dan menyita senjata dan amunisi di sekitar Tikrit, Fallujah dan Baghdad.

XS
SM
MD
LG