Tautan-tautan Akses

Solana Lakukan Pembicaraan Konstruktif Dengan Larijani di Lisbon


Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Javier Solana mengatakan, ia telah melakukan pembicaraan konstruktif dengan perunding nuklir utama Iran. Solana menambahkan, ia berharap pertemuan dapat dilakukan lagi dalam tiga pekan.

Solana mengatakan hal itu setelah berbicara selama empat jam dengan perunding nuklir utama Iran, Ali Larijani di Lisbon hari Sabtu. Larijani mengatakan, Iran ingin menyelesaikan pertikaian mengenai program nuklirnya melalui diplomasi.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB sedang membahas sanksi tambahan terhadap Iran yang tidak mau menghentikan pengayaan uranium, proses yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir. Dewan Keamanan telah memberlakukan dua sanksi terbatas terhadap Iran. Para diplomat mengatakan, sanksi yang dibahas sekarang ini mencakup pembatasan perjalanan yang lebih ketat terhadap para pejabat Iran, pembekuan aset dan pemeriksaan pengiriman barang-barang Iran.

Sebelumnya, Direktur Badan Tenaga Atom Internasional Muhammad ElBaradei mengatakan Iran akan siap menjawab pertanyaan mengenai program nuklirnya di masa lalu dalam waktu beberapa bulan. El Baradei mengatakan itu setelah bertemu di Wina hari Jumat dengan juru runding utama Iran, Ali Larijani.

XS
SM
MD
LG