Tautan-tautan Akses

Olmert, Abbas Akan Adakan Pembicaraan di Sharm El-Sheikh, Mesir


PM Israel Ehud Olmert dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan mengadakan perundingan hari Senin di kota peristirahatan Mesir, Sharm El Sheikh.

Presiden Mesir Husni Mubarak dan Raja Yordania Abdullah juga akan menghadiri pembicaraan itu, yang diadakan setelah kelompok militan Hamas mengambil alih kekuasaan di Jalur Gaza pekan lalu dalam pertempuran dengan faksi Fatah pimpinan Abbas.

Perundingan diduga akan terfokus pada perkembangan terakhir dalam konflik antara faksi Hamas dan Fatah di Palestina. Jurubicara Abbas, Nabil Aburdeneh mengatakan Israel hendaknya memulai perundingan langsung dengan Presiden Abbas.

Pejabat-pejabat Palestina mengatakan mereka juga akan mendesak agar Israel menyingkirkan pos-pos penjagaan di Tepi Barat yang menghalangi gerak bebas rakyat Palestina.

Seorang jurubicara Departemen LN Israel Mark Regev mengatakan pemimpin-pemimpin itu juga akan membahas kerjasama keamanan. AS, Israel dan negara-negara Arab moderat berusaha memperkuat Abbas dalam pergulatannya dengan Hamas.

XS
SM
MD
LG