Tautan-tautan Akses

Ehud Barak Mengizinkan Sejumlah Warga Palestina di Gaza Memasuki Israel


Para pejabat Israel mengatakan Menteri Pertahanan Ehud Barak telah memerintahkan tentara Israel agar mengizinkan sejumlah warga Palestina di Gaza memasuki Israel. Mereka mengatakan dia memerintahkan para pejabat agar mengizinkan orang-orang Palestina yang membutuhkan perawatan medis darurat menyeberang ke Israel.

Ratusan warga Palestina terkurung dalam terowongan menuju ke bagian Israel penyeberangan perbatasan Erez. Israel menutup penyeberangan perbatasan dengan Gaza pekan lalu ketika kelompok militan Hamas menguasai daerah itu. Hari Senin, pasukan Israel memasuki Gaza untuk mencoba melindungi warga sipil di penyeberangan itu.

Pasukan Israel membunuh dua orang Palestina dalam bentrokan kemarin malam yang mencederai dengan parah seorang tentara Israel.

Sementara itu, Program Pangan Dunia PBB mengirimkan truk-truk bantuan ke Gaza Selasa kemarin untuk pertama kali sejak Hamas menguasai daerah itu.

Kepala koordinator bantuan kemanusiaan PBB bagi rakyat Palestina, David Shearer berkata: "Jika Gaza kian terpuruk dalam kemiskinan, dan penduduk menjadi putus asa, maka itu akan menjadi lahan subur bagi gerakan ekstremisme. Yang nantinya tidak akan hanya terkungkung di Gaza saja, melainkan akan menebar ke daerah sekitar, yang akhirnya juga akan memberi dampak kepada Israel."

XS
SM
MD
LG