Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Perundingan 6 Negara akan Dilanjutkan Awal Juli


Utusan utama Amerika ke pembicaraan mengenai program nuklir Korea Utara mengatakan dia memperkirakan perundingan enam negara akan dilanjutkan pada awal Juli.

Asisten Menteri Luar Negeri AS Christopher Hill mengatakan hari ini di Tokyo bahwa dia lebih menyukai pembicaraan itu dimulai segera setelah liburan Hari Kemerdekaan Amerika tanggal empat Juli.

Sementara itu, kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Song Min-soon sepakat dalam pembicaraan telepon Selasa petang untuk meningkatkan usaha guna membuka kembali pembicaraan nuklir yang macet itu.

Selasa kemarin di Seoul, Hill mengukuhkan bahwa dana Korea Utara yang menjadi pusat persengketaan -- yang telah menunda pelaksanaan persetujuan perlucutan senjata tersebut -- telah dimasukkan ke rekening bank Pyongyang di Rusia.

Korea Utara setuju pada bulan Februari akan menutup reaktor nuklir utamanya, tetapi menolak melakukan hal itu sebelum pihaknya menerima dana 25 juta dolar yang dibekukan di sebuah bank di Macau.

XS
SM
MD
LG