Tautan-tautan Akses

Bom Truk Tewaskan Sedikitnya 78 Orang di Baghdad


Pihak berwenang Irak mengatakan sebuah bom truk di Baghdad menewaskan setidaknya 78 orang dan melukai sedikitnya 218 lagi dalam serangan paling mematikan di ibukota sejak April.

Ledakan hari Selasa dekat masjid Shiah di Baghdad pusat menimbulkan kepulan asap ke udara, dan kemudian tembakan-tembakan senjata terdengar di seluruh pelosok kota.

Serangan itu terjadi dua hari setelah pihak berwenang mencabut larangan keluar rumah yang diberlakukan untuk menghentikan serangan sektarian setelah pemboman masjid Shiah pekan lalu di Samarra.

Sementara itu, militer Amerika melancarkan operasi besar-besaran terhadap teroris al-Qaida di Irak yang beroperasi di timurlaut Baghdad. Dikatakan 10-ribu prajurit turut dalam serangan di Baquba dan sekitarnya. 22- militan tewas pada beberapa jam pertama operasi itu.

Pejabat-pejabat Irak mengatakan setidaknya 30 orang tewas setelah bentrokan berhenti di Nasiriyah antara polisi Irak dan Lasykar Mahdi, milisi Shiah. Dalam berita lain, Penasehat Keamanan Nasional Irak Mouaffac al-Rubaie menyatakan tekad, bahwa dalam pekan-pekan mendatang, rakyat Irak akan melihat banyak operasi untuk menumpas al-Qaida dan pendukungnya.

XS
SM
MD
LG