Tautan-tautan Akses

Pesawat Atlantis Terpisah Dari Stasiun Antariksa Internasional, Siap Kembali ke Bumi


Pesawat ulang-alik Atlantis sudah terpisah dari Stasiun Antariksa Internasional untuk kembali ke Bumi. Setelah tidak bergandeng lagi hari Selasa, pesawat ulang-alik berkeliling di stasiun itu supaya para astronaut bisa menfilmkan dan memotret berbagai perbaikan yang mereka lakukan dalam sembilan hari ini, termasuk memasang tambahan panel sinar matahari untuk memperoleh tenaga listrik.

Juga hari ini, awak pesawat ulang-alik menggunakan lengan robotik untuk menginspeksi sistem perlindungan thermal pesawat itu. Selimut thermal di bagian luar pesawat ulang-alik itu rusak sewaktu lepas landas dan kemudian diperbaiki sewaktu awak pesawat keluar dari pesawat dan berjalan kaki di antariksa.

Awak pesawat empat kali keluar dari pesawat sewaktu misi itu, untuk memasang panel cahaya matahari dan juga memperbaiki selimut thermal. Mereka juga mengantarkan astronaut Amerika Clayton Anderson ke stasiun antariksa itu, di mana dia akan berada selama beberapa bulan mendatang untuk bekerja-sama dengan dua awak Rusia.

Anderson menggantikan astronaut Amerika Suni Williams, yang memecahkan rekor hari Sabtu karena paling lama berada di antariksa untuk seorang wanita – 194 hari jika pesawat ulang itu mendarat sesuai jadwal hari Kamis.

XS
SM
MD
LG